loading...

CARA MEMBASMI CACING KECIL PADA BAK MANDI


Cacing adalah hewan kecil yang sangat menyukai daerah lembab, kamar mandi adalah tempat yang memenuhi kriteria tersebut. Kalau cacing keluar dari lantai sih masih masuk akal tapi bagaimana bisa keluar di dalam bak mandi? 

Cara Membasmi Cacing di Kamar Mandi
Awalnya memang terkesan mustahil jika cacing muncul dalam bak di kamar mandi. Tapi jika dilihat lebih dalam ada beberapa kemungkinan cacing bisa muncul di dalam bak, berikut beberapa sumber munculnya cacing:

Air Sumur
Bagi yang rumahnya memakai PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum), kecil kemungkinannya akan muncul cacing karena air sudah diproses dan diberi kaporit. Namun lain cerita jika sumber air anda dari Sumur. Air sumur yang diambil langsung dari dalam tanah dengan pompa air, masih beresiko mendatangkan cacing merah.

Kebanyakan orang cuma memompa air dari sumur lalu menampungnya dalam tandon. Air dari sumur ini mengandung cacing ataupun telurnya. Jika tandon jarang dibersihkan, maka si cacing akan berkembang dalam penampungan air tersebut dan akan masuk dalam keran yang terhubung dengan bak mandi.

Cara menghilangkan cacing di bak kamar mandi, tentu dengan membersihkan secara teratur tandon air (bisa diberikan kaporit) dan memakai penyaring di keran. Ada yang menyarankan untuk memelihara ikan macam gurame atau mujair kecil dalam tempat air, namun hal ini kurang sehat juga karena ikan juga makhluk hidup dan kotorannya akan bercampur dengan air.

Celah di Keramik Bak MandiIni cuma terjadi di rumah dengan bak mandi dari semen, jika proses penyemenan kurang baik atau bak sudah berumur/ lama maka akan muncul celah di antara kemarik. Lama-kelamaan, telur cacing yang ada di dalamnya akan menetas dan cacing akan berkembang biak dalam celah semen tersebut. Inilah hebatnya telur cacing, setelah bertahun-tahun ada dalam di campuran semen dan pasir masih saja bisa menetas.

Tidak hanya di celah bak kamar mandi, cacing juga bisa muncul di keramik dinding ataupun lantai. WTF lah makhluk yang cukup bikin geli dan menjijikan ini. Tips menghilangkan cacing di kamar mandi adalah dengan menguras bak mandi dan biarkan kering. Lalu tutup celah dengan semen putih yang sering dibuat untuk mengisi celah keramik. Rebes, cacing tidak akan muncul lagi. Sangat disarankan untuk membongkar beberapa keramik di sekitar celah, karena ditakutkan masih ada cacing hidup di dalamnya. Cacing yang masih hidup, bisa saja mengerogoti semen dari dalam dan membuat celah baru. Namun tindakan ini membutuhkan lebih banyak dana.

baca juga :

Saluran Pembuangan
Saat masuk kamar mandi biasanya sandal atau sepatu anda bisa saja tertempel tanah atau pasir yang mengandung telur cacing. Telur tersebut akan ikut terbawa air dan berhenti di saluran pembuangan. Tempat tersebut kotor dan lembab, sangat cocok dijadikan habitat hidup oleh cacing. Setelah telur menetas, tidak jarang cacing akan naik ke atas dan jalan-jalan di kamar mandi anda.

Cara mengusir cacing ini dengan menyiramkan larutan pembersih lantai ataupun garam, tubuh cacing yang berair sangat sensitif. Setelah garam, cacing akan mengeliat dan mati dalam penderitaan.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA MEMBASMI CACING KECIL PADA BAK MANDI"