loading...

5 TEKNIK MEREBUS TELUR PUYUH SESUAI SELERA ANDA


Berikut saya ambil dari (simplycooked) dilakukan percobaan untuk membuktikan hubungan antara kematangan telur dengan waktu merebus. Telur puyuh yang digunakan memiliki suhu ruangan bukan yang disimpan di kulkas. Perebusan dilakukan dengan memasukkan telur puyuh dalam air yang sudah mendidih (perhitungan dimulai dari saat telur masuk sempurna dalam air)

  1. Telur pertama hanya direbus selama 1menit. Hasilnya telur belum matang, saat cangkang dipecah hasilnya putih dan kuning telur masih mentah dan berupa cairan kental.
  2. Telur kedua direbus selama 2 menit, setelah dibelah hasilnya putih telur sudah mengeras namun kuningnya masih mentah.
  3. Telur ketiga direbus selama 2 menit 30 detik, hasilnya putih telur sudah matang dan kuning telur mulai mengental. 
  4. Telur keempat direbus dalam air selama 3 menit, hasilnya telur sudah mudalah matang. Boleh dibilang ini adalah telur setengah matang
  5. Telur kelima direbus selama 4 menit, saat itu warna kuning telur kuning pucat yang menandakan telur sudah matang sempurna, bahasa gaulnya Hard Boiled Quail Egg.

baca juga :


Itulah beberapa hasil perebusan telur dalam waktu yang berbeda,  sebagai panduan dalam merebus telur puyuh sesuai selera Anda.

  • Telur yang meletus biasanya terjadi karena suhu telur sudah sangat panas akibat terlalu lama direbus, oleh karena itu perlu diperhatikan besarnya api dan lamanya proses perebusan.
Cara Merebus Telur Puyuh dalam Air Mendidih
  • Siapkan telur puyuh, jika sebelumnya disimpan dikulkas maka diamkan sampai berada di suhu ruangan
  • Siapkan panci yang sudah diisi air lalu didihkan.
  • Beri sedikit garam pada air agar telur lebih mudah dikupas
  • Setelah air mendidih masukkan beberapa telur dalam air secara perlahan dengan sendok atau apalah. (jangan sampai panci terlalu penuh)
  • Hati-hati! lakukan pelan- dengan tujuan agar kuning telur masih berada ditengah dan hasilnya lebih cantik.
  • Rebus telur puyuh dalam waktu yang diinginkan (lihat percobaan di atas)
  • Jika sudah, angkat telur dan segera masukkan dalam air dingin
  • Kupas dan Makan
Cara Merebus Telur Puyuh bersama dengan Nasi
Caranya sangatlah mudah, cukup masak nasi dalam rice cooker seperti biasa namun selipkan telur puyuh didalamnya. Dengan adanya nasi, panas akan lebih merata dan telur tidak mungkin meletus.

Cara Merebus Telur Puyuh dengan Plastik Foodgrade
Cara ini saya dapatkan dari tips MAHI dari Fans Page Royco,
  • Masukkan kurang lebih 10 butir telur tiap kantong dan ikat plastik
  • Lalu masak seperti biasa (seperti cara di atas)
  • Bila sudah matang, keluarkan dari plastik lalu rendam air dinginTentu banyak pro dan kontra dengan hal ini, banyak yang kontra sih dan protes karena penggunaan plastik dapat beresiko mendatangkan kandungan zat berbahaya. Sebagus apapun jenis plastik tetap saja terbuat dari zat kimia, mungkin cara ketiga ini sebenarnya kurang baik.

Catatan:
Anda bisa menambahkan cuka / garam untuk mempermudah mengupas, selain itu hal ini juga membuat telur puyuh lebih tahan lama sehingga tidak cepat basi. Tips lain agar telur awet adalah hindarkan telur berdekatan dengan makanan berbau seperti semur jengkol, sambal dll. Meskipun telur masih terbungkus kulit, adanya pori-pori kecil memungkinan cairan masuk dari luar.

Cara Mengupas Telur Puyuh
Pasti sering terjadi saat mengupas telur puyuh, kulit masih menempel dengan putih. Hal ini sering terjadi pada telur yang baru keluar dari puyuh betina. Untuk itu disarankan mengolah telur dengan cangkang yang sudah mengeras (lebih 2 hari setelah keluar)

Cara mengupas telur yang mudah adalah dengan menempatkannya di antara kedua telapak tangan lalu giling perlahan (jangan terlalu keras juga, buat agar seluruh cangkang retak-retak). Selanjutnya tinggal tarik cangkang dari salah satu sisi secara perlahan.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 TEKNIK MEREBUS TELUR PUYUH SESUAI SELERA ANDA"