loading...

MEMILIH PERANGKAT AUDIO MOBIL YANG BAGUS

loading...

Cara memilih perangkat audio seperti speaker dan amplifier serta head unit. Berikut adalah beberapa komponen utama audio mobil perlu Anda ketahui : 

Speaker mobil stereo
Speaker adalah bagian paling penting dari sebuah sistem audio mobil. Speaker jenis, ukuran dan bentuk, lokasi pemasangan dan kebutuhan daya merupakan pertimbangan penting untuk sistem audio mobil. Pertama, mengetahui speaker serta Pertimbangkan speaker depan dan belakang untuk sistem yang lengkap. Dengan beberapa speaker serta lokasi pemasangan dan ukuran yang sesuai akan dibutuhkan. Sebaiknya perlu disesuaikan dengan kapasitas penanganan daya dari speaker dengan output daya amplifier. Pastikan untuk menyertakan crossover untuk speaker midrange dan tweeter sehingga suara dapat bekerja optimal. Pastikan penempatan crossover diletakan pada tempat yang aman biasanya didalam konsul kendaraan. 

Mengenal jenis speaker mobil

Speaker split
Speaker ini memiliki kualitas suara yang lebih baik karena komponen terpisah. Crossover pasif biasa digunakan untuk speaker ini terdiri dari 3 terminal. Fungsi utama crosover untuk pembagi jalur midrange dan tweeter sedangkan input terminal dikoneksikan ke Amplifier. Bahan yang biasa digunakan adalah polypropelene dan rubber suround untuk konus woofer. Untuk pemasangan tweeter dapat diletakan pada pilar kiri dan kanan diatas dashboard. Untuk pemasangan semua kabel harus dihubungkan pada crossover sebelum diumpan ke amplifier. 

Speaker coaxial
Speaker coaxial lebih dikenal dengan istilah full range terdiri dari driver midrange dan tweeter dalam satu speaker. Speaker ini lebih simple untuk pemasangan karena tidak terdapat crossover pasif. Pemasangan hanya melepaskan speaker bawaan mobil dan mengganti dengan speaker baru tersebut. kekuranganya kualitas suara kurang begitu baik dan staging kurang tepat coaxial biasa digunakan untuk mendengarkan musik untuk penumpang belakang.

Speaker 3 way 
Speaker mobil ini hanya digunakan untuk profesional yang hoby audio mobil. Driver terdiri dari midbass dan midrange serta tweeter terpisah satu sama lain. Menggunakan pasif croosover 3 jalur secara terpisah untuk masaing masing komponen speaker. Pemasangan biasa harus dicustom terlebih dahulu karena midrange dan tweeter diletakann pada ujung pilar dashboard. Midbass biasa dipasang pada lubang pintu kendaraan untuk nada rendah. ukuran midrange 4 inch serta harus dibuat dudukan terlebih daulu dari bahan serat fiber. Kelebihan speaker ini adalah staging dan tonal balance lebih mudah didapat karena midrange dipasang diatas dashboard layaknya speaker home audio. 

Subwoofer audio mobil
Subwoofer membutuhkan daya yang lebih besar dibandingkan speaker atau komponen lain. Sebuah Sub membutuhkan box khusus dengan kubikasi yang tepat untuk volume. Anda dapat membuat box sub custom atau box standartt buatan pabrik. Ada berbagai ukuran sub yang biasa digunakan untuk system audio mobil. ukuran paling umum adalah 8 / 10 / 12 tapi yang banyak digunakan adalah ukuran 12 inch. sedangkan ukuran yang lebih kecil biasanya suara bass kurang maksimal peletakan biasanya pada mobil sedan dibagasi mobil. Sebuah subwoofer dapat menghadirkan suara musik yang signifikan apalagi untuk musik dengan tempo beat yang cepat. Nada rendah dapat terdengar lebih terasa untuk hentakan bass di dalam kabin mobil. 

Amplifier audio mobil
Kebanyakan head unit sudah terdapat daya amplifier (biasanya sekitar 50-watt per channel). Ampli eksternal dengan daya lebih biasanya lebih maksimal dapat mengatur semua tingkat suara secara keseluruhan. Subwoofer membutuhkan daya lebih dibandingkan sebuah speaker midrange atau tweeter. Anda juga bisa memilih mana yang harus diutamakan amp terpisah untuk subwoofer dan menggunakan ampli dibangun ke head unit. Menggunakan amp terpisah juga membutuhkan crossover antara ampli dan speaker untuk memberikan sinyal amp untuk speaker yang benar. Beberapa Power amp sudah built in aktive crossover tinggi dan rendah frekuensi dapat diatur.

Head unit mobil stereo
Ketika membangun sebuah sistem, Anda dapat menggunakan yang sudah ada head unit standart (atau penerima) atau menggantinya dengan komponen baru. Namun sebagian besar head unit pabrik tidak memiliki output pre-amp sehingga Anda tidak dapat menggunakan ampli eksternal. Jika Anda mengganti head unit standart sesuaikan dahulu ukuranya apakah sudah pas dengan frame standart mobil. Head unit memiliki ukuran standart lebih dikela istilah DIN. Sedangkan HU terbagi menjadi single dan Double Din mobil keluaran terbaru menggunakan HU Double Din. Double din terdapat layar monitor yang biasa digunakan untuk memainkan CD dan DVD. Sedangkan head unit double din CD hanya difungsiakn untuk memainkan CD dan Radio. Single din digunakan untuk player CD dan DVD dan radio penerima FM tidak terdapat layar monitor. Untuk pengguna yang masih awam single din biasa lebih dikenal tape mobil Sedangkan HU double Din dikenal dengan istilah TV mobil. 

Instalasi audio mobil

Instalasi sistem stereo mobil baru memang bukan pekerjaan yang mudah dilakukan untuk orang awam. Tapi bila anda ingin menginslasi sendiri tidak masalah dibutuhkan pengetahuan dasat mengenai jalur kelistrikan mobil. Atau jika anda tidak ingin instal dapat menggunakan jasa seorang instalatur yang ahli dibidangnya. Karena untuk pemasangan audio mobil system dibutuhkan skil dan pengalaman yang lama. Anda dapat bertanya langsung dengan instalatur bagaiman memilih produk audio mobil yang tepat untuk selera musik Anda. Pemasangan kabel kelistrikan mobil yang kurang rapi dapat menimbulkan noise yang mengusik kenyamanan Anda mendengarkan musik.Storing adalah gangguan sinyal suara yang masuk kedalam kendaraan bila gas dihidupkan. Sekian Tip's mendapatkan performa terbaik audio system mobil
Sumber :http://forum.republika.co.id/
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MEMILIH PERANGKAT AUDIO MOBIL YANG BAGUS"