loading...

Manfaat Terong Bagi Kesehatan

Manfaat Terong Bagi Kesehatan

Terong atau ada yang menyebut Terung tanaman buah yang berasal dari India dan Sri Lanka Buah terong (Solanum melongena) yang biasa kita buat sayuran ini dengan tanaman pohon setinggi 50-159 cm berdaun besar, dengan lobus kasar, masuk kerabat leunca dan kentang.

KHASIAT TERONG
Terong yang kita jumpai setiap hari sebagai sayuran ini ternyata khasiat terong yang begitu besar untuk kesehatan kita seperti:

Menghambat kerusakan dan mengurangi kerapuhan pembuluh darah, Mengatasi epilepsi, Mengobati sakit pinggang, Mengatasi Kanker dan Sebagai Kontrasepsi,

meningkatkan kemampuan tubuh merapatkan antara sesesama sel dan memperbaiki kerusakannya, sehingga pembuluh darah tetap dalam kondisi normal dan lentur/elastis,
menjaga fungsi biologisnya, dan mencegah pecahnya pembuluh darah.

Akar, daun, bunga dan buah terong berkhasiat melancarkan peredaran darah, menghentikan pendarahan, menghilangkan rasa sakit, mengobati batuk darah, rematik, buang air besar atau kecil berdarah, anggota tubuh kesemutan, beri-beri, sakit gigi, pendarahan otak, bronkhitis, hepatitis, penebalan dinding pembuluh darah, wasir, bengkak, gusi bernanah, mempercepat penyembuhan luka setelah operasi, meningkatkan gairah seks, menurunkan panas, kolestreol, meningkatkan kecerdasan, menghilangkan jerawat dan flek-fleks hitam, menghaluskan kulit, meremajakan kulit, pelancar kencing.

1. Khasiat terong menghambat kerusakan pembuluh darah

Buah terong memiliki kemampuan untuk menekan dan mengatasi arterosklerosis atau penetral kerusakan pembuluh arteri.
Kemampuan ini, buah terong dapat mengatasi timbunan lemak dan memperlancar transportasi darah pada pembuluh arteri.

2. Khasiat terong mengatasi epilepsi

Mengandung skopolamin, striknin, skoparon, dan skopoletin sehingga dapat membantu mengatasi penyakit epilepsi beserta gejalanya yang meliputi gugup/sawanan, hingga kekejangan saraf.

3. Khasiat terong mengobati sakit pinggang

Khasiat terong ini telah banyak dibuktikan oleh masyarakat Korea. Mereka mengeringkan buah terong dan mengonsumsinya untuk mengatasi sakit pinggang yang meliputi pinggang kaku, nyeri, dan encok

4. Khasiat Terong mengatasi Kanker dan Sebagai Kontrasepsi

Khasiat Terong sangat bagus untuk membantu mengurangi serangan kanker. Karena mengandung tripsin (protease)inhibitor yang dapat melawan zat pemicu kanker.
Jus terong yang dikonsumsi secara rutin dapat membantu mengatasi kerusakan yang terjadi pada sel yang mengalami penyimpangan kromosom/terkena kanker.

Khasiat terong memang dikenal dapat menjadi antikanker. Masyarakatnya Nigeria menggunakan terong sebagai kontrasepsi untuk para pria. Mereka meyakini bahwa terong dapat mengatasi gugup. Terbukti setelah dilakukan penelitian dengan memberikan makanan terong ke hewan marmut.

Department of Nutritional Science, Jepang juga menemukan bahwa kandungan nasunin dalam terong bermanfaat menghambat proses angiogenesis, yaitu proses yang mendukung pertumbuhan dan penyebaran sel kanker dengan memasok oksigen dan nutrisi untuk sel kanker. 

5. Khasiat terong untuk Kulit

Kulit terong mengandung nasunin, flavonoid yang berperan sebagai antioksidan kuat pengikat radikal bebas. Menurut penelitian di University of California, Amerika Serikat, nasunin terbukti dapat melindungi membran sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas.

6. KhasiatTerong untuk Kecantikan.

Wanita Eropa sering memanfaatkan terong untuk memutihkan dan menghaluskan kulit, serta menghilangkan jerawat. Dengan terong dihaluskan bersama yogurt tawar, lalu diusapkan ke seluruh wajah dan leher sebagai masker, dan diamkan selama 20-30 menit, lalu bilas hingga bersih.

7. Khasiat terong untuk Obat Darah Tinggi : 
250 gram terong ungu, tauge atau kecambah, tahu, dan kacang kedelai secukupnya dibuat masakan sesuai selera kemudian dimakan.

8. Khasiat terong untuk Gusi Berdarah :
250 gram terung ungu dan 100 gram akar terate dimasak sesuai selera, lalu dimakan.

Khasiat terong untuk Mengobati Hepatitis : 250 gram terong ungu yang telah dipotong-potong, 30 gram rambut jagung, dan 100 gram akar alang-alang direbus dengan air secukupnya. Setelah disaring minum airnya.

9. Khasiat Terong sebagai pembangkit gairah Seks

Dalam pengobatan Hindu kuno, terong dipercaya sebagai sayuran pembangkit gairah seksual.
Di Eropa, terong mendapat julukan apel cinta (apple of love) dan sangat populer sebagai buah penambah gairah sejak tahun 1600-an. Ini karena terong mengandung flavonoid yang berkhasiat sebagai antioksidan dan melancarkan sirkulasi darah sehingga baik untuk mengatasi disfungsi ereksi yang disebabkan oleh gangguan sirkulasi darah.

Caranya : Dua buah terong ungu dibakar hingga kulitnya melepuh agak gosong tapi bagian dalamnya utuh, dimakan dengan sambal santan yang dicampuri daun kemangi.

Pada jaman penjajahan Belanda Terong merupakan makanan kelas atas bagi orang Belanda, sehingga oleh penjajah diciptakan MITOS kalau makan terong akan membuat badan loyo dan menurunkan gairah seksual kaum pria, hal ini karena tanaman terong yang dapat tumbuh dengan mudah dimana saja.

MITOS ini diciptakan karena Belanda khawatir Bangsa Indonesia menjadi kuat dan rakyatnya sehat akan bangkit melawan Belanda.

Namun pakar pengobatan tradisional membuktikan bahwa Terong Ungu justru berkhasiat mengobati berbagai penyakit, malah bisa digunakan untuk merangsang bangkitnya semangat seksual.

Dengan khasiat Terong yang begitu besar maka jadikan terong sebagai tanaman pekarangan yang setiap saat dapat dibuat sayuran untuk komsumsi keluarga.

(dari berbagai sumber)
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Terong Bagi Kesehatan"