loading...

TIPS MEMULAI BISNIS KULINER DARI RUMAH

loading...
TIPS MEMULAI BISNIS KULINER DARI RUMAH

Salah satu bisnis yang bisa dimulai dari rumah adalah bisnis kuliner. Anda bisa mulai menjual kue-kue buatan sendiri atau bahkan menyediakan jasa katering kepada pelanggan. Sebelum anda memulai bisnis kuliner anda, simak tips sederhana berikut untuk persiapan yang lebih matang:

Pahami produk yang Anda jual
Sebelum memulai segala sesuatunya, Anda tentunya perlu memahami produk yang Anda jual bisa atau tidak menghasilkan uang. Langkah pertama adalah mengklasifikasi jenis makanan yang Anda jual. Misalnya saja Anda tertarik untuk berbisnis dessert, yang tentunya masih terlalu luas dalam bisnis makanan. Sebaiknya diperkecil lagi menjadi cake, kue kering atau pie.

Pelajari Trend dan Miliki Ciri Khas
Anda juga perlu mempelajari trend makanan yang ada saat ini. Jika trend saat ini adalah pancake, boleh saja Anda membuka usaha pancake tetapi tetap saja harus ada ciri khasnya. Dalam hal ini Anda dituntut punya kreativitas sendiri.

Cari Lokasi Strategis
Lokasi tempat bisnis Anda mutral harus strategis, dalam arti di lingkungan yang dikenal, mudah dijangkau, serta memiliki parkir yang memadai dan aman.

Tentukan Harga
Harga adalah hal yang relatif; untuk penetrasi pertama, murah adalah cara yang ampuh meskipun tidak mutlak karena yang lebih diterima adalah yang sesuai dengan apa yang pelanggan dapatkan. Harga yang mahal meskipun di tempat yang sangat bagus dan menu yang sangat istimewa hanya akan menarik perhatian kalangan terbatas dan mungkin untuk sekali saja.

Standarisasi Resep
Untuk memulai bisnis makanan yang laris, sekali lagi Anda harus memiliki resep andalan yang telah diuji coba. Resep ini juga harus ada standarisasinya, bisa minta keluarga terdekat untuk uji coba resep yang Anda miliki sendiri. Tetapi harus diingat, jangan sampai resep ini bocor ke orang luar, nanti bisa bisa ditiru. Anda juga harus memiliki bumbu rahasia yang membedakannya dari resep lain.

Kualitas Pelayanan
Kualitas pelayanan adalah unsur penting yang tidak dapat ditinggalkan. Pelanggan adalah raja tetap berlaku di restoran. Bahkan tidak jarang di satu restoran, sang pemilik tidak segan-segan untuk menyapa tamu dan menanyakan apa yang masih diperlukan atau menukar sajian yang tidak sesuai dengab pesanan. Untuk melayani pelanggan, diterapkan zoning meja yang masing-masingnya ada penanggung jawab yang profesional sampai selesainya para tamu.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TIPS MEMULAI BISNIS KULINER DARI RUMAH"