loading...

MANFAAT ADANYA TANAMAN DI RUMAH

loading...
MANFAAT ADANYA TANAMAN DI RUMAH

Banyak manfaat yang bisa didapat dari memiliki taman atau kebun di rumah sendiri. Tak hanya untuk kesehatan fisik saja, taman juga memiliki dampak positif bagi mental seseorang.

Oleh karena itu, para peneliti menyarankan agar setiap rumah memiliki taman. Walau taman yang dimiliki tak terlalu luas, tetapi manfaat dari berkebun dapat dirasakan oleh seluruh generasi baik tua maupun muda.

Taman yang berisi tanaman hidup memberikan keseimbangan terhadap rumah yang dibangun dengan batu dan semen. Keseimbangan ini penting untuk membuat rumah jadi terasa lebih nyaman dan enak sebagai tempat tinggal.

Tanaman yang terdapat di taman akan memberikan kontribusi yang cukup penting untuk sirkulasi udara yang segar dan bersih bagi penghuni rumah. Terlebih jika kita tinggal di perkotaan yang tingkat polusi udaranya cukup tinggi. Di tempat semacam ini taman dapat berperan sebagai penyangga ekosistem dan sebagai suplai oksigen dan udara bersih yang menyehatkan.

Taman juga berguna sebagai media atau sarana untuk mengisi kegiatan penghuni rumah ataupun untuk menyalurkan hobi berkebun. Kelelahan atau stress yang dialami saat bekerja di kantor akan segera hilang dengan sekadar menyiram tanaman atau memandang dan menikmati keindahan tanaman yang ada.

Penelitian menyatakan bahwa memandang taman saja sudah cukup memberikan efek baik untuk kesehatan psikologi seseorang. Pemandangan taman yang hijau dan bunga bewarna cerah bisa memberikan perasaan senang bagi yang melihatnya. Selain itu, aroma segar dari tanaman hijau dan wangi bunga juga bisa membuat perasaan menjadi rileks.

Adanya taman di rumah membuat Anda memiliki kegiatan baru yang menyenangkan. Anda dapat menjadikannya sebagai hobi atau hanya sekedar membuat taman kecil yang simpel dan hanya membutuhkan perawatan sekali sehari. Ini adalah salah satu bentuk olahraga yang baik bagi tubuh, dan bisa membuat Anda tidur lebih nyenyak di malam hari.

Memiliki taman juga bisa menjadi salah satu pemicu Anda untuk mengonsumsi makanan sehat. Anda bisa memakan makanan dari kebun sendiri, tentunya makanan yang dikonsumsi lebih segar dan lebih sehat dibandingkan makanan yang Anda beli di supermarket. Cobalah tanam beberapa jenis bumbu dapur dan sayuran yang mudah dirawat, dengan ini Anda juga bisa sekalian menghemat pengeluaran dapur.

Mengingat pentingnya fungsi taman, tak ada salahnya bila Anda berusaha menghadirkan taman di rumah Anda. Dimanapun Anda tinggal dan berapa pun luas halaman yang ada, Anda dapat membuatnya. Apabila luas halaman rumah hanya tersisa sedikit, Anda dapat membuat taman dengan pola menempel ke dinding tembok. Buat saja penyangga tanaman dari rangka kawat yang disemen ke tembok. Setelah itu letakkan tanaman dengan pot di atasnya.

Begitu juga bila tak ada lagi halaman yang tersisa, Anda juga masih bisa membuat taman dengan menyiasati ruang yang ada. Misalnya dengan membuat tanaman gantung. Tentu saja model ini dibuat dengan menyesuaikan kondisi eksterior yang tersisa. Buatkan penyangga atau tempat menggantung pot-pot dari dua atau empat batang besi yang dihubungkan dengan kawat.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MANFAAT ADANYA TANAMAN DI RUMAH"