loading...

CARA MENGHINDARI HUTANG BISNIS

loading...
CARA MENGHINDARI HUTANG BISNIS

CARA MENGHINDARI HUTANG BISNIS

Jika Anda memiliki usaha sendiri, baik jasa, mengelola utang sangat penting untuk kelangsungan usaha. Berikut tips sederhana untuk mengelola dan menghindari hutang bisnis:

1. Negosiasi dengan pemasok barang untuk mendapatkan diskon dari pembelian banyak jika memungkinkan.

2. Hindari membeli inventaris atau peralatan yang sekiranya belum diperlukan untuk periode bisnis berikutnya.

3. Sebisa mungkin, hindari meminjam uang. Kalaupun diharuskan, pinjamlah uang dalam jumlah yang sedikit. Kebanyakan pinjaman disertai dengan bunga yang justru membuat Anda makin banyak utang.

4. Sewalah tempat sesuai keperluan, entah itu kantor, toko atau gudang. Lebih hemat menyewa tempat sesuai keperluan saat ini ketimbang menyewa tempat besar yang diperkirakan untuk beberapa tahun depan. Membayar sewa tempat hingga beberapa tahun ke depan juga tidak penting mengingat ketidakpastian usaha.

5. Tawarkan fasilitas cicilan pembayaran hanya kepada klien dan kostumer yang memiliki riwayat pembayaran tepat waktu dan pembelian yang rutin. Dengan demikian, Anda mencegah perusahaan merugi dari klien atau pembeli nakal yang tidak akan membayar dan membuat perusahaan bankrut.

6. Lebih cermat terhadap barang rusak atau kelebihan barang yang termasuk dalam tagihan. Hindari membayar barang yang tidak dipesan atau rusak karena proses pengemasan dan pengiriman yang buruk.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA MENGHINDARI HUTANG BISNIS"