loading...

CARA DIET SAAT MAKAN MALAM

loading...
CARA DIET SAAT MAKAN MALAM

Anda sedang diet? Diet bukan berarti mengurangi jumlah makanan atau pun memakan jenis makanan yang itu-itu saja. Diet yang benar adalah mengatur apa yang kita makan. Banyak sekali metode diet yang bisa dilakukan oleh tiap orang. Di bawah ini, kami merangkum tips diet sehat dari berbagai sumber untuk referensi anda. Tulisan ini terbagi atas : Sarapan, Makan Siangdan Makan Malam.

Cukup nikmati dua atau tiga jenis makanan saja
Memenuhi undangan pesta pernikahan di hotel ternama? Hmm…pasti yang langsung terbayang adalah menu yang lezat dan bervariasi. Plus keinginan untuk menyantap semuanya. Menurut Tufts University, Amerika Serikat, sebenarnya hal itu wajar saja. Namun, tegakah Anda mengorbankan diet yang sudah dijalani selama ini? Solusinya, batasi variasinya hingga dua atau tiga jenis saja.

Awali dengan salad
Semangkuk salad yang berisi selada, wortel, tomat, seledri, dan ketimun dengan saus salad yang bebas lemak dan light mozzarella cheese kira-kira setara dengan 100 kalori. Mengkonsumsinya lebih dulu membuat Anda secara otomatis makan makanan utama lebih sedikit. Itu artinya mengurangi total pemasukan kalori sekitar 12% dibandingkan bila tidak mengkonsumsi salad.

Gunakan piring yang lebih kecil
Kebiasaan di negara kita adalah menghabiskan makanan yang tersaji di piring, berapa pun jumlah kalori makanan dan ukuran piring tersebut. Untuk menyiasatinya, gunakan piring yang berukuran lebih kecil. Anda akan merasa kenyang dengan makan lebih sedikit.

Kaya rasa, minim kalori
Kebanyakan rempah atau bumbu masak, kecuali kemiri, memiliki nilai kalori yang kecil. Demikian menurut Tuti Sunardi, pakar kuliner. Jadi, bila Anda senang memasak dari ingin bereksperimen dengan aneka bumbu, silakan saja. Boleh juga coba herbal seperti kemangi, ketumbar, atau juga peterseli.

Batasi karbohidrat
Makanan tinggi protein, misalnya ikan, merupakan pilihan makan malam terbaik untuk mengkontrol bobot tubuh. Ini karena protein membuat Anda kenyang lebih lama. Jika Anda ingin mengkonsumsi karbohidrat, hindari yang sederhana, karena lebih cenderung disimpan sebagai lemak ketimbang digunakan sebagai enerji.

Manjakan diri dengan cokelat
Anda bisa menikmati puding atau kue coklat setelah makan malam. Asalkan bahan dasarnya minimal 70% cocoa karena rasa cokelatnya bisa memuaskan selera, hingga Anda merasa puas dan terhindar dari keinginan ngemil di malam hari. Meski demikian, Anda memang harus membiasakan diri untuk membatasi asupan hingga maksimal dua potong.

Akhiri hari dengan air dingin
Anda bisa meningkatkan metabolisme sekitar 30% dengan mengkonsumsi segelas besar air dingin. Ternyata, tubuh akan menghangatkan air dingin tersebut dengan cara membakar kalori. Kira-kira serupa dengan cara tubuh membakar kalori dalam proses pencernaan. Dalam setiap 500 ml air dingin yang Anda teguk, akan terbakar sekitar 24 kalori.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA DIET SAAT MAKAN MALAM"