loading...

Perayaan Tahun Baru Songkran di Thailand

loading...
Salah acara yang paling menarik di thailand adalah perayaan Songkran atau Tahun Baru nya masyarakat negeri gajah ini. 


Perayaan ini biasanya dilangsungkan selama 3 hari di bulan April. Bila anda menyukai acara semprot semprotan air sesama teman dimasa kecil, maka tak salah bila anda berada di thailand dalam perayaan ini, namun bila anda tak menyukainya maka lebih baik anda berdiam diri saja di hotel. Kenapa? Karena bila anda berada di tempat terbuka maupun jalanan, maka anda harus bersiap untuk berbasah ria dan siap memasuki hiruk pikuk keramaian perang air yang sangat meriah. Saking meriahnya perayaan ini bahkan menjalar hingga ke negara yang berbatasan dengan Thailand seperti seperti Laos, Birma, dan Kamboja. 


Songkran berasal dari bahasa sansekerta, yang berarti matahari dalam zodiak. Jika perayaan ini berlangsung, berarti menunjukkan Tahun Baru Thailand telah tiba. Perayaan ini selalu diselenggarakan selama 3 hari. Hari 1 adalah ‘Mahasongkran’ yang jatuh pada 13 April menandakan berakhirnya tahun. Kemudian tanggal 14 April merupakan Wan Nao (menjelang pergantian tahun), dan tanggal 15 April yang biasa disebut Wan Thaloeng Sok merupakan masuknya Tahun Baru. 


Pada saat acara Songkran, masyarakat setempat maupun ribuan turis dari mancanegara akan berbondong-bondong menyemprotkan air dengan pistol air, balon air, ember, gajah, dan segala yang bisa digunakan untuk mencipratkan air ke segala arah dengan sukacita. Simbol dari air ini merupakan perwujudan pembersihan jiwa, pikiran, dan tubuh. Tujuannya adalah untuk menghindarkan dari nasib buruk. Menariknya, perayaan ini selalu berlangsung saat cuaca sedang panas-panasnya di Thailand, sehingga siraman air merupakan penyegaran. Anda tertarik untuk mengetahui lebih jauh?
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perayaan Tahun Baru Songkran di Thailand"