loading...

Waspada Kebotakan Akibat Hair Extension

loading...
Selama ini, hair extension merupakan solusi untuk mereka yang ingin memperpanjang rambut namun tidak perlu menunggu waktu lama untuk menunggu rambut tumbuh menjadi panjang, cukup dengan menempelkan rambut tambahan pada rambut asli. Namun, perlu moms ketahui bahwa penggunaan hair extension dalam jangka waktu yang terlalu lama bisa mengakibatkan kebotakan.

Kondisi ini pernah dialami oleh model internasional Naomi Campbell yang diketahui mengalami botak yang cukup mengkhawatirkan di kepalanya. Dan kini beberapa selebriti lain seperti presenter TV Tamara Beck juga mengalami hal yang sama. Para ahli mengungkapkan kemungkinan ini disebabkan oleh hair extension.

Pakar rambut Marylin Sherlock, yang juga ketua Institute of Trichologists mengatakan bahwa menggunakan hair extension dalam jangka waktu yang lama bisa memberikan tekanan besar ke akar rambut yang dapat menyebabkan masalah tersebut. 

Kondisi kebotakan paling sering terjadi pada rambut yang berada tepat di atas atau di samping dahi, karena biasanya rambut di daerah tersebut bersifat lebih lemah dan pada umumnya hair extension ditempelkan pada rambut yang asli. Jika hal ini terjadi lama atau dalam jangka waktu beberapa tahun, maka bisa membuat rambut aslinya rontok dan menyebabkan kebotakan.

Hair extension memang memiliki efek yang lebih buruk dibandingkan dengan perawatan lain seperti rebonding atau pengeritingan rambut. Ini karena pada hair extension melibatkan pengikatan dengan rambut alami, sehingga memberikan tekanan lebih atau menarik akar dari rambut alaminya. Selain itu lem perekat yang digunakan terkadang bisa menimbulkan reaksi dengan kulit kepala jika jaraknya terlalu dekat.

Hair extension bisa menggunakan rambut buatan ataupun rambut asli yang ditempelkan dengan menggunakan lem serta proses pemanasan. Para ahli memberikan saran agar penyisipannya jangan terlalu keras serta tidak digunakan untuk jangka waktu yang lama.

Jika sudah mulai ada tanda kebotakan, maka segera lepaskan hair extension secepat mungkin dan berikan perawatan untuk menumbuhkan rambut kembali. (K)

Sumber : Daily Mail

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Waspada Kebotakan Akibat Hair Extension"