loading...

INILAH SALAH SATU BANDARA PALING MENGERIKAN DI DUNIA

loading...


Sebuah pesawat yang hendak mendarat di Bandara Mariscal Surce, foto diambil melalui jendela di salah satu sekolah di Quito

Bandara Mariscal Surce di Quito, Ekuador, adalah bandara paling mengerikan di dunia. Bayangkan saja, bandara ini terletak di dataran tinggi, landasannya sempit, dan terletak di tengah-tengah jutaan penduduk. Hii!


Dari situs News Australia, Kamis (31/1/2013), Bandara Mariscal Square terletak di Quito, ibukota dari Ekuador. Bandara ini dibangun pada tahun 1960. Celakanya, letak bandara yang berada di tengah pemukiman menjadi ketakutan bagi para penduduk sekitar.


"Suara pesawat selalu membangunkan kami saat pagi. Jendela-jendela rumah seakan mau pecah," kata Maria Davila, wanita berumur 40 tahun yang rumahnya hanya dua blok dari bandara.


"Saya sering berpikir pesawat akan jatuh ke rumah dan membunuh semua keluarga saya. Bandara ini telah menjadi tetangga yang buruk, tetangga yang sangat berbahaya," lanjut Maria menambahkan.


Saat pertama kali bandara dibuka, hanya sekitar 350.000 orang yang tinggal di Quito. Tapi kini, populasi sudah berkembang dan mencapai angka 2,2 juta orang yang tinggal di sekitar bandara. Artinya, bandara ini terletak di tengah-tengah pemukiman jutaan orang!


Landasan sempit dan pegunungan di dekatnya juga memaksa pilot untuk bekerja keras. Bandara ini terletak di ketinggian hampir 2.850 mdpl dan membuat okisigen menjadi menipis. Sehingga, hal itu dapat menganggu kinerja pesawat saat lepas landas atau mendarat. Hal tersebut pun juga membuat cemas para penumpang.


Selain itu, tercatat 10 kecelakaan serius sejak Bandara Mariscal Surce dibuka. Pada tahun 1984, sebuah pesawat DC-8 gagal lepas landas dan jatuh menimpa rumah-rumah penduduk di sekitar bandara. Sebanyak 49 orang pun tewas dalam kecelakaan tersebut.


Kejadian serupa terjadi selang 14 tahun berikutnya. Sebuah pesawat Cubana de Aviacion Tupolev 154 gagal lepas dan menabrak dinding bandara. Sebanyak 76 orang tewas dalam kejadian tersebut.


Oleh sebab itu, kini Bandara Mariscal Surce akan dipindahkan. Februari nanti, bandara ini akan dipindahkan sejauh 20 kilometer dari pusat kota ke Tababela. Bandara baru tersebut akan menampung 290 penerbangan per hari, lebih banyak dari sebelumnya yakni 220 penerbangan.


Selain itu, landasan di bandara baru pun lebih luas 1.000 meter, yaitu mencapai 4.100 meter panjangnya. Luasnya pun 12 kali lebih luas dari bandara sebelumnya. Dari pusat kota, jarak mencapai bandara baru tersebut sekitar 1 jam.


Semoga tidak ada lagi kecelakaan di Bandara Mariscal Surce!
sumber : http://travel.detik.com
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "INILAH SALAH SATU BANDARA PALING MENGERIKAN DI DUNIA"