loading...

JADI BEGINI CARANYA UNTUK MENENTUKAN KIBLAT

loading...

Badan Komunikasi Informasi dan Publikasi PBNU menyatakan, rasydul qiblat (penentuan arah shalat menghadap Kabah) akan terjadi pada Jumat (16/7/2010) pukul 16.26 nanti, persis saat matahari benar-benar di atas Kabah.

Saat itulah setiap bayang-bayang matahari terhadap semua benda yang berdiri tegak pada permukaan bidang datar mengarah tepat ke arah Kabah.

"Momen ini perlu dimanfaatkan oleh umat Islam untuk mengoreksi arah kiblat masjid, mushalla, langgar atau tempat shalat lainnya yang mungkin belum tepat. Teknik yang benar dan tepat tentu menghasilkan arah kiblat yang cukup akurat," kata Ketua Badan Komunikasi Informasi dan Publikasi Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) HM Sulthan Fatoni kepada Kompas.com, Jumat (16/7/2010).

Pendapat itu merujuk pada penegasan dari Lajnah Falakiyah PDNU yang membidangi astronomi. Sulthan menambahkan, posisi Kabah (Masjidil Haram) dari Indonesia adalah arah barat laut. Jadi, lanjutnya, dari arah barat lurus bergeser sedikit antara 20 dan 25 derajat ke utara.



KOMPAS.COM
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "JADI BEGINI CARANYA UNTUK MENENTUKAN KIBLAT"