loading...

MERAWAT KOMPOR GAS AGAR AWET

loading...
Saat ini hampir semua disetiap rumah tangga sekarang sudah banyak yang mempergunakan kompor gas. Dan tak heran berbagai jenis dan bentuk kompor gas dijual di Supermarket maupun pasar. Bagi anda yang bersahabat dengan dapur sekali-sekali harus memperhatikan kebersihan demi keamanan rumah tangga anda. Sesekali periksalah secara berkala atau anda bisa memanggil petugas yang biasa menanggani kompor gas.

Supaya kompor gas di rumah kita awet dan tahan lama maka diperlukan perawatan, antara lain. Berikut tips-tips merawat kompor dengan baik:

Secara rutin anda harus memastikan selang gas agar jauh dari permukaan panas, tidak pada posisi tertekuk dan permukaan luar selang tidak terlihat retak-retak yang dapat memungkinkan terjadinya kebocoran.

Rutin membersihkan lubang kompor tempat keluarnya api. Cara membersihkannya bisa menusuk lubang dengan jarum atau dengan sikat supaya kotoran yang ada didalam lubang keluar. Karena kotoran ini yang bisa menyebabkan api biru menjadi merah.

Mencuci bagian-bagian yang dilapisi Enamel atau krom dengan air sabun hangat atau deterjen yang non -abrasif. Setelah kering betul baru anda bisa memasang kembali lapisan enamel atau krom tersebut.

Jangan sesekali anda menyalakan api jika tidak ada alat memasak diatasnya, karena ini dapat menimbulkan bau gas dari api yang anda tinggalkan walaupun hanya dalam waktu 5 detik.

Jika anda sehabis memasak didapur anda harus membiasakan agar membersihkan kompor gas dengan menggunakan lap kering. Jika ada bekas makanan yang lama menempel dapat dibersihkan dengan lap basah diberi sabun. Setelah itu kompor dibersihkan kembali dengan lap kering.
loading...

Subscribe to receive free email updates: